Kegiatan Praktik Front Office
Kegiatan praktik Front Office mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akademi Pariwisata Paramitha Jakarta melakukan simulasi praktik mata kuliah Dasar-dasar Front Office(FO) di kampus Akademi Pariwisata Paramitha Jakarta, Kegiatan Praktik mata kuliah Front Office bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar di bangku kuliah, sehingga mahasiswa memiliki pemahaman sama dalam menyikapi mata kuliah Dasar-dasar Front Office setelah nantinya mereka bekerja di industri.
Di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.
Di ruang depan suatu hotel, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel di mana terdapat kotak-kotak penyimpanan kunci kamar dan titipan surat-surat.
Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuanreceptionist, bell boy, bell captain dan doorman.
Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.
Di kantor depan tersebut, Anda akan bertemu front office cashier (kasir kantor depan). Nah, kasir yang ditempatkan di kantor depan hotel untuk menerima pembayaran rekening tamu. Penanggung jawab di kantor depan hotel dipercayakan kepada seorang front office manager atau kepala kantor depan.
Di area depan sebuah hotel, Anda juga bisa menjumpai fasilitas yang disebut front of the house, yakni bagian dari suatu hotel tempat tamu secara langsung dilayani, seperti front office, restaurant dan bar.
Mengingat begitu tertatanya sistem kerja di front office suatu hotel, maka kemampuan berkomunikasi antarpersonal menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kinerja sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out.
Keramahtamahan petugas front office sebuah hotel menjadi suatu keniscayaan karena bisnis hotel adalah bisnis jasa yang lebih mengedepankan pelayanan. Makanya, dalam simulasi ini mahasiswa D3 Prodi Perhotelan diajarkan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, sebagai bahasa utama pergaulan internasional.
Dalam praktik mata kuliahfront office, kelompok mahasiswa yang satu yang bertindak sebagai karyawan hotel yang ditempatkan di bagian front office, sedangkan kelompok mahasiswa lainnya dipercaya sebagai tamunya.